Bantu Proses Pembelajaran, Ini 3 Fungsi Utama Platform Merdeka Mengajar untuk Guru

Jakarta – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim telah meluncurkan platform aplikasi Merdeka Mengajar pada Jumat, 11 Februari 2022.

Platform tersebut bertujuan untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka yang menjadi solusi untuk memulihkan pembelajaran pascapandemi.

“Ini adalah platform untuk guru yang harapan kita akan berkembang menjadi suatu platform yang bukan hanya materi dan konten dari kementerian, tapi dimiliki guru. Dari guru dan untuk guru. Ini adalah aplikasi dari kementerian untuk membantu guru-guru membantu menerapkan kurikulum merdeka dan belajar menjadi pengajar yang lebih baik,” ucap Nadiem dalam acara Merdeka Belajar Episode kelima belas via Youtube Kemdikbud RI, Jumat (11/2/2022).

Nantinya, platform yang bisa diunduh di gadget ini akan membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

Baca juga:
Nadiem Luncurkan Kurikulum Merdeka, Ini Keunggulannya

3 Fungsi Platform Merdeka Mengajar

Nadiem menjelaskan, platform Merdeka Mengajar memiliki 3 fungsi utama, yakni:

1. Mengajar

– Perangkat Ajar

Tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka

– Asesmen Murid

Membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

2. Belajar

– Pelatihan Mandiri

Guru dapat memperoleh pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri

– Video Inspirasi

Guru bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas.

3. Berkarya

– Bukti Karya Saya

Guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi.

“Kita ingin platform ini benar-benar dimiliki oleh guru dan bukan Kementerian. Jadi bukan hanya mengajar dan belajar, tapi guru-guru juga bisa aktif menciptakan konten atau hasil karya di dalam ruang kelas,” jelasnya.

Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar

Sementara itu, untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar bisa masuk dengan akun pembelajaranbelajar.id melalui aplikasi gawai Android atau melalui website. Caranya:

1. Unduh Aplikasi Merdeka Mengajar di Google Play Store atau instal pada gawai Android melalui tautan bit.ly/platformmerdekamengajar

2. Akses langsung melalui website https://guru.kemdikbud.go.id/. Untuk panduan lengkap penggunaan dan video mengenai platform Merdeka Mengajar bisa cek tautan ini https://linktr.ee/pmerdekamengajar.

Bagi satuan pendidikan dan pendidik yang kesulitan mengakses internet tetap bisa mendapatkan panduan implementasi kurikulum dan modul pelatihan yang disediakan dalam flash disk.

Baca juga:
Nadiem Optimis Agenda Prioritas Pendidikan G20 Sukses dengan Gotong Royong

Dalam kesempatan di acara Merdeka Belajar Episode kelima belas, Mendikbudristek turut mengajak semua pihak untuk bergerak bersama mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia.

“Ayo unduh Platform Merdeka Mengajar dan pelajari lebih dalam, serta mengambil peran untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka,” ajak Menteri Nadiem.

Simak Video “Sakit Hati Gaji Tak Dibayar, Eks Guru Honorer di Garut Bakar Sekolah”

(faz/lus)

merdeka belajar
merdeka mengajar
guru
sekolah
pendidikan
kurikulum merdeka
kemdikbud
nadiem makarim
aplikasi

About admin

Check Also

Bukumimpi 2d

Bukumimpi 2d

Buku mimpi – erek erek 2D 3D 4D. Written By Buku Mimpi Tuesday June 16 …