Kegiatan Inti
Mengamati
Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya.
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia. (HOTS)
Tugas Mandiri:
Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia.
Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram dari guru.
Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya. (HOTS)
Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
Siswa menyimpulkan kegiatan belajar.(Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup
Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
Peserta Didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Kegiatan Refleksi dan Konfirmasi
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan
Penilaian
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
Selanjutnya, terkait dengan metode pembelajaran secara daring, maka diperlukan media aplikasi yang dapat mentransfer pembelajaran secara online. Paling tidak, dibawah ini kami sebutkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran secara onlie, yaitu:
Aplikasi zoom. Aplikasi ini merupakan aplikasi video conference yang dirancang untuk mempermudah koordinasi. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memudahkan peserta didik melakukan diskusi dengan temannya.
Aplikasi Google Classroom. Aplikasi ini dapat mempermudah guru untuk menjadikan kegiatan belajar secara online menjadi lebih efektif. Aplikasi ini juga memungkinkan guru melakukan kegiatan belajar semisal dikelas tanpa ada batas waktu maksimal.
Aplikasi Edomodo. Aplikasi ini merupakan aplikasi kelas virtual yang bisa menghubungkan antara siswa dan guru. Keunggulan aplikasi ini adalah orang tua dapat menerima raport dalam bentuk digital
Aplikasi Rumah Belajar. Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar secara daring yang dikembangkan oleh Kemendikbud dengan maksud menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi.
Selain aplikasi diatas, terdapat beberapa media lain yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran secara daring. Media tersebut diantaranya sebagai berikut
WhatsApp
Facebook
Youtube
TV edukasi dan lain-lain
Diakhir postingan ini, kami juga akan melampirkan beberapa link unduhan contoh RPP Daring (Dalam Jaringan) Kelas 4 SD 2020/2021:
RPP Daring Kelas 4 Semester 1 Lengkap semua tema (unduh)
Sebagai tambahan informasi buat anda semua, di bawah ini juga kami sajikan link unduhan untuk download RPP SD kelas 4:
RPP daring tematik SD/MI kelas 4 (unduh),
RPP Luring tematik SD/MI kelas 4 (Unduh),
RPP Kombinasi tematik SD/MI kelas 4(unduh),
RPP daring PJOK SD/MI kelas 4 (unduh),
RPP Luring PJOK SD/MI kelas 4 (unduh) serta
RPP Kombinasi PJOK SD/MI kelas 4 (unduh)
Demikianlah postingan kami tentang Download Contoh RPP Daring Kelas 4 SD 2020/2021. Kami berharap informasi kami memberi manfaat buat semua.
Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
- contoh RPP DARING KELAS 4 SEMESTER 2