UN SD Tahun 2022 Dihapus, Bagaimana Ketentuan Lulusnya?

Jakarta – Ujian Nasional (UN) sudah tidak diberlakukan lagi di jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah. Hal ini telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah (US).

Dengan ditiadakannya UN ini, artinya UN juga sudah tidak lagi menjadi syarat kelulusan. Begitu pula sebagai syarat untuk seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Adapun untuk pelaksanaan Ujian Sekolah, SE Mendikbud tersebut juga menyebut, penyelenggaraannya tetap dapat digelar oleh satuan pendidikan dengan berbagai cara. Mulai dari portofolio, penugasan, tes secara luring atau daring, dan bentuk kegiatan penilaian lainnya.

Lantas jika tidak ada UN, bagaimana cara menentukan kelulusan dan kenaikan kelas peserta didik di tingkat SD? Berikut ini ulasan lengkap dari aturan terbaru Kemendikbud tersebut.

Baca juga:
8 Bentuk Ujian Nasional dari Tahun 1950 hingga Sekarang, Kamu Generasi Mana?
Cara Menentukan Kelulusan Peserta Didik Tingkat SD

Melalui akun Instagram Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud RI dijelaskan persyaratan yang menjadi penentu kelulusan peserta didik bila UN dihapuskan. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan setelah memenuhi beberapa hal berikut ini:

1. Peserta didik menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester

2. Peserta didik memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik

3. Peserta didik mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan atau sekolah

Cara Menentukan Kenaikan Kelas

Sedikit berbeda dengan penentuan kelulusan, untuk kenaikan kelas dapat dilaksanakan dengan ujian akhir semester yang disesuaikan berdasarkan ketentuan berikut:

1. Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio, penugasan, tes secara luring atau daring, dan atau bentuk kegiatan penilaian yang ditetapkan sekolah

2. Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh

Baca juga:
Tips Raih Nilai US Terbaik untuk Masuk Sekolah Impian
Bentuk Ujian Sekolah

Untuk bentuk ujian sendiri, setiap sekolah dapat menyelenggarakan dengan berbagai cara berikut ini:

– Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya)

– Penugasan

– Tes secara luring atau daring

– Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan

Nah, begitulah cara menentukan kelulusan peserta didik di tingkat SD di tahun 2022 setelah UN dihapuskan. Jadi, detikers, tidak perlu khawatir lagi, ya!

Simak Video “Sutradara Ungkap Kemungkinan ‘All of Us Are Dead’ Season 2”

(rah/rah)

un
us
ujian nasional
ujian sekolah
ujian akhir semester
siswa
sekolah
pendidikan
sd

About admin

Check Also

Bukumimpi 2d

Bukumimpi 2d

Buku mimpi – erek erek 2D 3D 4D. Written By Buku Mimpi Tuesday June 16 …